Tinggalkan komentar

Dokumen Foto Kegiatan


تعليم قراءة القرآن الكريم في قراءة عاصم من رواية شعبة برسول الله صلى الله عليه وسلم

PENGAJIAN AL-QUR’AN

Pengajaran tentang bacaan Al-Qur’an menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting di Pesantren, karena untuk bisa mengamalkan al-Qur’an harus dimulai dengan mempelajari cara bacanya, lalu mendalami kandungannya, baru bisa mengamalkannya.

Bacaan yang diajarkan di Pesantren ini adalah qiroah dari Rasululllah SAW melalui jalur sanad Imam ‘Ashim al-Kufi yang diriwayatkan oleh Imam Hafs dan Imam Syu’bah.

Paling pertama yang akan dilihat oleh masyarakat dari sosok santri adalah kepandaiannya dalam membaca al-Qur’an. Oleh karenanya, pengajaran bacaan dan hapalan al-Qur’an merupakan nomor wahid di pesantren ini.

LATIHAN KESENIAN

Salah satu kesenian islami yang diajarkan di Pesantren Isra Noor adalah Kosidah Rebana. lagu-lagu yang dinyanyikan kebanyakan dari syair-syair arab, baik yang berisikan shalawat atau sanjungan terhadap islam. Meskipun dengan jadwal latihan seminggu sekali tapi tim rebana isra noor ini kerap mengisi shalawatan di acara-acara keislaman, seperti maulid Nabi SAW atau Isra Mi’raj.

تدريب الخطبة للظلاّب إسراء نور

LATIHAN PIDATO

Salah satu metode penyebaran ajaran islam yang terkenal sejak jaman Rasulullah SAW adalah Pidato/Ceramah (Khutbah). untuk mentransfer ilmu melalui ceramah itu bukan perkara mudah, banyak orang berpengetahuan luhur tapi tidak pandai dalam menyampaikannya lewat kata-kata.

Maka dari itu, pesantren ini membekali santri-santrinya dengan ilmu dakwah, sekaligus memperatekannya, supaya mereka kelak menjadi dai’-dai’ Allah, yang mengajak kepada kebenaran dengan retorika yang indah.

Untuk menyesuaikan diri dengan jaman sekarang ini, maka pesantren mengajarkan para santri untuk mampu berpidato dengan 4 bahasa: Indonesia, Arab, Inggris dan bahasa daerah.

المناقشة العلمية

DISKURSUS

Sebagai pendidikan terhadap santri untuk bisa mengungkapkan pendapat atau pemahaman dengan sistematis, maka motode diskusi yang kami anggap tepat untuk melatih kemampuan santri selain motode cermah/pidato.

Dengan jadwal bergantian setiap minggunya, para santri melaksanakan diskusi. Tentunya dengan materi yang mereka kuasai serta tetap dalam pengawasan pembimbing. Metode ini bukan untuk “mujadalah” (pertarungan pendapat) tapi kami arahkan untuk melatih kemampuan santri dalam menyampaikan pendapat dengan sistematis dan tenang. Karena kadang ada orang yang luas pengetahuannya tapi dalam menyampaikan pendapat atau pengetahuannya kurang sistematis dan kurang menarik.

LATIHAN PERCAKAPAN BAHASA ASING

Peraktek, itulah yang terpenting dalam pembelajaran bahasa asing di pesantren ini. Salah satu bentuk peraktek itu kami sebut dengan “muhadatsah”, santri diberi kosa kata baru setiap harinya dan di ajak untuk mempreraktekannya langsung dengan didampingi pembimbing bahasa, ini merupakan langkah awal mereka membiasakan berbahasa asing.

TEHNIK INFORMASI KOMPUTER

Meskipun fasilitas lab. komputer kita belum memadai, tetapi kami gunakan yang ada dengan maksimal. Dengan fasilitas sederhana inilah, kami membekali para santri untuk bisa menguasai teknologi komputer, baik sofware ataupun hardware. Karena saat sekarang ini, komputer sudah menjadi kebutuhan yang primer dalam dunia pendidikan.

TADARUS AL-QUR’AN

Para santri sudah terbiasa dengan Tadarus al-Qur’an setelah selesai shalat magrib dan subuh. Pesantren menganjurkan mereka untuk gemar membaca, khususnya al-Qur’an. Sebagian santri menggunakan momen ini untuk menghafal, karena setiap santri mempunyai garapan hafalan al-Qur’an masing-masing yang dibimbing oleh guru ahli.

Foto Para Santri Angkatan Pertama Beserta Pembimbingnya

Foto Para Santri Angkatan Kedua Beserta Pembimbingnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: