Tinggalkan komentar

Sejarah Perkembangan

Pesantren Isra Noor didirikan pada tanggal 01 Mei 2010 oleh Bapak DRH. Isra H. M Noor dan Ibu DRH. Endang Yuni Setyowati. Insiatif pendiri mendapatkan dukungan dari ulama dan tokoh masyarakat Perumahan Bumi Kencana Rancaekek, sehingga berdirilah pesantren Isra Noor di bawah Yayasan Al Isra Noor sebagai pelaksana tujuan yayasan dalam bidang keagamaan. Sebagai bentuk kepedulian yayasan Al Isra Noor, maka pendirian pesantren ini hanya untuk siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama dan Menengah Atas yang kurang mampu namun berprestasi dan memiliki kemauan keras untuk belajar, sehingga semua biaya pesantren gratis. Bahkan pesantren siap menanggung seluruh biaya dan keperluan sekolah para santri dengan syarat mereka harus terus berprestasi di pesantren dan sekolah.

Pesantren Isra Noor terletak di Perum Bumi Kencana Rancaekek Jalan Suplier VIII No 05 RT. 12/18 Bandung, dengan asrama yang memadai serta lengkap dengan alat-alat belajar dan istirahat. Dengan demikian itu diharapkan para santri dapat mengenal, menggali dan mendaya gunakan potensi mereka dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah. Sehingga mereka kelak menjadi manusia yang berdayaguna dan siapguna, berakhlak mulia, berpengetahuan luas dan memiliki jiwa kemandirian yang tinggi dan handal.

Dalam pelaksanaannya, pendiri mengambil seorang lulusan pesantren Al-Jawami Cileunyi Bandung untuk menjadi pimpinan pesantren. Yang berkewajiban untuk mendidik dan mengajar para santri serta bertanggungjawab terhadap kelancaran dan kemajuan seluruh kegiatan pesantren. Dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa keseharian santri, diharapkan para santri mampu menguasai ilmu agama dan ilmu umum dengan baik. Karena kedua bahasa itulah yang menjadi kebutuhan besar untuk membuka wawasan keilmuan saat ini.

Dalam perekrutan santri saat ini, pesantren Isra Noor membatasi jumlah santri yang masuk disesuaikan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki. Agar tercapainya kenyamanan dan kelancaran dalam kegiatan kepesantrenan, baik kegiatan Intra maupun Ekstra. Namun pesantren tetap mengupayakan untuk terus berkembang menjadi lembaga pendidikan yang besar dan berkualitas. Untuk itu, pesantren tidak menutup diri untuk menerima bantuan dari pihak manapun yang tidak mengikat. Sehingga semua yang berhubungan dengan pesantren senantiasa merupakan amal saleh yang ikhlas karena Allah SWT semata.

Peasntren Isra Noor untuk semua golongan dan tidak berpartai. Maka yang diharapkan oleh pengurus yayasan atau pun pesantren hanyalah keridhoan Allah SWT, sebagai jalan pengabdian kepada-Nya. Mengharapkan semua aktifitas yang dijalankan dalam mengurus, memelihara dan memajukan pesantren ini menjadi amal ibadah sebagai bekal dunia dan khususnya akhirat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: